Laporan Tahunan 2011

PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk.

Melaju Melampaui Batas Telekomunikasi

Ikhtisar

Ikhtisar Keuangan

Pendapatan konsolidasian meningkat 3,8% menjadi Rp71.253 miliar.

Kontribusi pendapatan dari sektor bisnis data, internet dan jasa teknologi informatika meningkat 4,7% menjadi 33,6% terhadap total pendapatan Perusahaan.

selengkapnya

 

Tinjauan Kinerja Efek

Per 31 Desember 2011, Telkom telah membeli kembali 773.659.960 lembar saham biasa atau setara dengan 3,8% dari saham biasa yang diterbitkan dan beredar.

selengkapnya

 

Tata Kelola perusahaan

Saat ini penerapan Good Corporate Governance ("GCG") terus Kami selaraskan dengan dinamika bisnis yang terjadi. Untuk mewujudkannya, Telkom menerapkan GCG yang terintegrasi dengan pengelolaan kepatuhan, manajemen risiko dan pengendalian internal.

selengkapnya

 

Laporan kepada Pemegang Saham

Sambutan Komisaris Utama

Melalui kerja keras Direksi dan seluruh jajaran karyawan Telkom, telah dicapai sejumlah kemajuan seperti jaringan serat optik yang pada tahun 2015 diharapkan dapat menjangkau 85% kota besar di Indonesia, peningkatan jumlah pelanggan broadband sebesar 64,3%, dan pendapatan bisnis layanan data sebesar 21,1%.

selengkapnya


Sambutan Direktur Utama

Di tahun ini, Kami melayani 129,8 juta pelanggan seluler, telepon tidak bergerak dan telepon tidak bergerak nirkabel. Jumlah pengguna broadband Kami sebesar 10,5 juta atau tumbuh 64,3%.

selengkapnya

Tinjauan Operasi dan Strategi

Industri telekomunikasi di Indonesia telah memasuki momentumnya seiring dengan semakin tingginya kesadaran serta pengetahuan masyarakat terhadap produk dan layanan berbasis teknologi informasi serta manfaatnya terhadap kehidupan.

selengkapnya

Tinjauan Kinerja SDM

Fokus program pelatihan dan pendidikan karyawan tahun 2011 adalah bidang teknologi, pemasaran & manajemen telekomunikasi, informasi bisnis dan pengembangan bisnis new wave.

selengkapnya

Analisis dan pembahasan Manajemen atas kinerja perusahaan

Hasil usaha Perusahaan selama dua tahun untuk periode 2010 sampai 2011 mencerminkan pertumbuhan pada pendapatan. Pertumbuhan pendapatan ini dikontribusikan oleh pendapatan data, internet dan jasa teknologi informatika.

selengkapnya

Tanggung Jawan Sosial dan Lingkungan

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

selengkapnya

 

Sekilas Mengenai Laporan Tahunan 2011

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. atau disebut "Telkom", "Perusahaan", dan "Kami", menyajikan Laporan Tahunan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 sesuai dengan Keputusan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan ("Bapepam-LK") nomor X.K.6 dan X.K.7 serta berisikan informasi sesuai peraturan Securities and Exchange Commission ("SEC") Amerika Serikat yang diatur dalam Form 20-F. Namun, tidak ada bagian dari dokumen ini yang digabungkan untuk merujuk pada Form 20-F. Laporan Tahunan ini memuat data dan informasi dari data keuangan konsolidasian Perusahaan dan Anak Perusahaan.

Laporan Tahunan Telkom ini memuat informasi keuangan tertentu dan hasil usaha, yang mengandung proyeksi, rencana, strategi dan tujuan Perusahaan yang bukan merupakan pernyataan data historis, dan dapat dikategorikan sebagai pernyataan yang bersifat pandangan ke depan (forward-looking statement) sesuai definisi pada ketentuan yang berlaku. Pernyataan yang mengandung pandangan ke depan memuat risiko dan ketidakpastian atas hasil dan kejadian yang mungkin berbeda secara material dari apa yang diperkirakan dan disebutkan dalam pernyataan tersebut. Kami tidak dapat menjamin bahwa setiap hasil usaha yang diagendakan Telkom, yang dikategorikan sebagai pernyataan, yang bersifat ke depan dapat tercapai sesuai harapan.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi mengenai Telkom lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Investor Relations, Grha Citra Caraka lantai 5, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 52, Jakarta 12710, Indonesia. Tel. (62-21) 5215 109, Fax (62-21) 5220 500 atau E-mail: investor@ telkom.co.id. Anda juga dapat mengunduh dokumen ini secara online melalui situs Kami pada http://www.telkom.co.id.

Sebutan "Indonesia" dalam Laporan Tahunan 2011 ini merujuk kepada Republik Indonesia sedangkan "Pemerintah" adalah Pemerintah Indonesia dan "Amerika Serikat" atau "AS" adalah Amerika Serikat. Penyebutan satuan mata uang "Rupiah" atau "Rp" merujuk pada mata uang resmi Indonesia sedangkan "Dolar AS" atau "US$" merujuk pada mata uang resmi Amerika Serikat. Beberapa angka tertentu (termasuk persentase) telah mengalami pembulatan agar mempermudah perhitungan, sehingga angka, persentase maupun rasio yang diberikan dengan yang sesungguhnya dapat berbeda, kecuali jika disebutkan, semua informasi keuangan disajikan dalam mata uang Rupiah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia.