Akhirnya, Telkom Luncurkan Layanan FlexiCOMBO Versi Baru

Jakarta, 1 Agustus 2006 – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) akhirnya meluncurkan layanan FlexiCOMBO versi baru yang merupakan penyempurnaan dari Flexi Combo sebelumnya , dan menawarkan tarif lokal dalam cakupan yang luas di berbagai wilayah Indonesia. Dengan memanfaatkan layanan ini pelanggan bisa memiliki tiga nomor Flexi, terdiri dari satu nomor induk dan dua nomor anak temporer yang dapat digunakan di tiga kota berbeda kode area di seluruh cakupan layanan Flexi dengan pembebanan tagihan secara terpusat pada nomor induk. Dua nomor anak temporer tersebut dapat diganti setiap saat oleh pelanggan sesuai dengan kota yang hendak dituju.

"Ini benar-benar sebuah inovasi yang menawarkan solusi tarif hemat bagi pelanggan yang suka bepergian ke mana-mana di wilayah Indonesia," ujar Vice President Public and Marketing Communication Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta (1/8). "Kami punya Flexi Combo versi sebelumnya (old) yang memungkinkan seorang pelanggan menggunakan satu kartu Flexi untuk melakukan percakapan di tiga kota berbeda kode area, tapi dengan tagihan yang terpisah-pisah. Dengan FlexiCOMBO versi baru (enhance) maka pelanggan tak perlu lagi membayar tagihan secara terpisah-pisah, cukup di satu nomor induk saja," lanjut Awaluddin.

Di samping itu, demikian Awaluddin, agar pelanggan tetap bisa dihubungi dengan nomor induk sekalipun sedang berada di suatu kota di mana ia sedang menggunakan nomor lain, maka Telkom menyediakan fitur pengalihan panggilan (call forwarding)dengan tarif Rp 250 per 30 detik yang berlaku tanpa batasan zona dan kapan saja (tarif flat)

Bukan Roaming
 
Meski memiliki kemampuan untuk digunakan di berbagai wilayah, tidak berarti FlexiCOMBO menyediakan fasilitas roaming sebagaimana yang tersedia pada layanan telepon seluler. Bagaimana pun FlexiCOMBO tetap menggunakan dua nomor lokal  bersifat temporer yang masing-masing hanya bisa bergerak dalam satu wilayah kode area. Hanya saja, lanjut Awaluddin, proses aktivasiFlexi di tempat-tempat yang dikunjungi dapat dilakukan secara mudah dan cukup melalui SMS.

Sebagai contoh, seorang pelanggan Flexi dengan nomor induk Bandung berkunjung ke Balikpapan. Agar Flexi yang dibawanya bisa digunakan di Balikpapan, maka ketika masih di Bandung pelanggan tersebut cukup mengetik On<spasi>[namakota] atau On<spasi>[kodearea], dalam hal ini berarti On Balikpapan atau On 0542 kemudian dikirim ke nomor 777. Demikian halnya, ketika pelanggan tadi mengunjungi Surabaya, ia cukup melakukan aktivasi Flexi-nya ketika hendak berangkat ke Surabaya dengan mengetik On Surabaya atau On 031. Kemudian pelanggan tersebut akan mendapatkan SMS notifikasi yang menginformasikan nomor lokal temporer Surabaya atau Balikpapan sehingga di kedua kota tersebut nomor lokal temporer sudah aktif  dengan tarif percakapan ke nomor telepon setempat adalah lokal dan ke nomor kota lain (beda kode area) tetap SLJJ.  Untuk hal ini pelanggan hanya perlu mengaktifkan fitur call forwarding dengan cara tekan *77 [OK] dan *770 [OK] untuk menonaktifkan. Kondisi ini menunjukkan bahwa hubungan antar nomor induk dengan nomor anak temporer adalah independent, seperti halnya pelanggan yang memiliki beberapa nomor.

Awaluddin mengatakan bahwa FlexiCOMBO boleh dibilang salah satu hasil dari upaya sungguh-sungguh Telkom untuk menyediakan layanan yang di satu sisi mengakomodasi kebutuhan komunikasi masyarakat yang fleksibel dan mobile, serta di sisi lain juga menawarkan tarif yang sangat murah. Inovasi ini, demikian Awaluddin, sangat klop dengan program Flexi SurePrice! yang menawarkan tarif murah antarsesama pengguna Flexi (on-net). "pelanggan benar-benar akan merasakan penghematan biaya telepon yang drastis dengan berlangganan FlexiCOMBO ketika program SurePrice! berlangsung," ungkap Awaluddin.

Perbandingan Flexi Combo & FlexiCOMBO

Flexi Combo (Old)

  1. 1 nomor induk + (max) 2 nomor anak
  2. Nomor anak = nomor permanen
  3. Provisioning Walk-In
  4. Billing terpisah pada masing-masing nomor
  5. Pakai kartu RUIM khusus
  6. Call Forwarding Manual
  7. Tarif Call Forwarding : tarif reguler SLJJ

FlexiCOMBO (Enhance)

  1. 1 nomor induk + (max) 2 nomor anak
  2. Nomor anak = temporer (3 hari)
  3. Provisioning SMS 777, Walk-In dan Phone-In
  4. Billing terpusat pada nomor induk
  5. ESN & RUIM Standard
  6. Call Forwarding Manual
  7. Tarif Call Forwarding COMBO: single zone, single time band (Rp.250/30 det)

Untuk lebih lanjut, hubungi :

Muhammad Awaluddin
Vice President Public and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Tel. 62-21-5213288
Fax. 62-21-5203322
Email: awaluddin@telkom.co.id
Website: www.telkom.co.id