Bangun Jaringan Baru, Telkom Kucurkan Triliunan Rupiah

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) akan mengeluarkan dana triliunan rupiah untuk terus memperluas jaringannya. Tak hanya di dalam negeri, jaringan di pasar global juga akan ditembus Telkom.

“Kami siapkan Rp 25 triliun,” kata Direktur Jaringan Telkom Abdul Somad Arief di Jakarta pada Selasa, 24 Maret 2015. “Dari anggaran Rp 25 triliun, sekitar 40 persen untuk pembangunan infrastruktur. Sisanya untuk jaringan mobile.”

Telkom akan memperluas jaringan hingga ke Amerika Serikat dan Eropa Barat. Sedangkan di dalam negeri, pembangunan jaringan hingga 4G akan dimulai dari Medan, Batam, Surabaya, Makassar, Tarakan, hingga Balikpapan. “Domestik akan kami letakkan di jalur utama,” katanya.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Muhammad Budi Setiawan mendukung perluasan jaringan Telkom hingga ke seluruh daerah di Indonesia. Ia mengaku sekitar 70 persen penduduk Indonesia masih menggunakan jaringan 2G.

“Itu pun tidak merata jumlahnya, dengan Indonesia bagian timur menduduki traffic paling sepi,” katanya, Sisanya, menurut Budi, berada di jaringan 3G dengan Jakarta sebagai pusatnya. “Pelan-pelan sudah bergeser ke 4G,” katanya.

Ongki Kurniawan, Direktur Manajemen Servis PT XL Axiata, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan operator lain, termasuk Telkomsel, agar pada akhir tahun ini jaringan 4G bisa dinikmati di seluruh pelosok Indonesia. Namun setiap operator tak akan menggunakan metode yang sama.

“Masih akan dibicarakan lebih lanjut. Harus teliti, sebab direct dan indirect bisa berbeda biayanya,” katanya.