Direksi

Berdasarkan Anggaran dasar Perusahaan, tanggung jawab utama direksi Telkom adalah memimpin dan mengelola operasional Perusahaan serta mengendalikan dan mengelola aset-aset Telkom dengan pengawasan dari dewan Komisaris. Direksi juga berhak untuk mengambil tindakan untuk dan atas nama Perusahaan baik di dalam maupun di luar pengadilan atas hal atau kejadian apapun, dengan pihak lain.

1. Direktur Utama
    Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Memimpin dan mengelola Perusahaan sejalan dengan tujuan dan target Perusahaan;
  • Memperbaiki tingkat efisiensi dan efektivitas Perusahaan;
  • Mempertahankan dan mengelola, serta menjaga aset-aset Perusahaan; dan
  • Bertanggung jawab terhadap manajemen dan kepemilikan, termasuk kesepakatan dengan pihak ketiga.

2. Direktur Keuangan
Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Menerapkan fungsi korporasi terkait dengan direktorat Keuangan; dan
  • Bertanggung jawab melaksanakan fungsi keuangan terpusat, termasuk mengelola fungsi operasi keuangan di seluruh unit usaha perusahaan, melalui finance billing and collection center, serta memastikan pengendalian seluruh kegiatan investasi Anak Perusahaan.

3. Direktur Human Capital & General Affair
Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Mengelola direktorat Human Capital & General Affair; dan
  • Mengelola sumber daya manusia di seluruh unit usaha melalui Human Resources Center dan
    memastikan pengendalian di unit usaha lainnya dari Corporate Services, Support Services serta Enterprise Service, termasuk Human Resources Center (“HR Center”), Human Resources Assessment Service (“HRAS”), Learning Center (“LEC”), management Consultant Center (“MCC”), Community development Center (“CdC”) dan dana pensiun serta lembaga lainnya.

4. Direktur Network & Solution
Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Mengelola operasional dan mengelola infrastruktur dan layanan di sektor jaringan dan solusi; dan
  • Mengelola unit usaha lain, termasuk divisi Infratel, divisi Access (”dIVA”) dan layanan pendukung seperti maintenance Service Center (“MSC”).

5. Direktur Konsumer
Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Melaksanakan fungsi manajemen penyediaan delivery channels dan layanan konsumen bagi bisnis konsumer; dan
  • Mengelola delivery channel dan layanan konsumen bagi bisnis, termasuk unit lain seperti divisi Telkom Flexi (“DTF”), divisi Consumer Service (”DCS”).

6. Direktur Enterprise & Wholesale
    Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Menerapkan fungsi manajemen di sektor delivery channel dan layanan konsumen di direktorat Enterprise dan Wholesale; dan
  • Melaksanakan delivery channel dan layanan konsumen untuk korporasi dan bisnis wholesale, yang termasuk unit-unit seperti divisi Enterprise Service (“DIVES”). divisi Business Service (“DBS”), dan divisi Carrier and Interconnection Services (“CIS”).

7. Direktur Compliance & Risk management
    Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Mengelola kepatuhan, pelaksanaan hukum dan manajemen risiko di direktorat Compliance & Risk management; dan
  • Mengelola unit Legal & Compliance, manajemen Risiko Perusahaan, dan Business Effectiveness, Security & Safety dan Supply Planning & Control serta pengendalian operasi unit Supply Center.

8. Direktur IT Solution & Strategic Portofolio
    Lingkup dan tanggung Jawab:

  • Bertanggung jawab terhadap strategi kebijakan TI, strategi dan tarif, strategi investasi dan perencanaan perusahaan;
  • Mengelola Information Service Center, Supply Center dan divisi multimedia; dan
  • Mengelola layanan pendukung Research & Development Center (“RDC”).

Charter BoD
Dalam hal aktifitas dan tindakan dalam pengurusan Perusahaan yang tidak diatur dalam Anggaran dasar maupun ketentuan perundang-undangan, maka dilakukan prosedur yang tetap menjunjung prinsip akuntabilitas melalui kesepakatan, persetujuan dan atau pengaturan antar anggota direksi. Charter ini bertujuan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan, mengurangi birokrasi dalam tata kelola administrasi manajemen Perusahaan, dan mendukung pencapaian dan peningkatan kinerja. di dalam charter ini juga diatur mekanisme hubungan kerja direksi dan dewan Komisaris, yang merupakan hubungan kelembagaan dalam arti senantiasa dilandasi oleh suatu mekanisme yang dapat dipertanggungjawabkan dalam peran pengurusan dan pengawasan sesuai ketentuan yang berlaku.

Struktur Direksi
Direksi diangkat dan diberhentikan berdasarkan keputusan dalam RUPS. Untuk dapat dipilih, calon direktur harus diajukan oleh Pemerintah sebagai pemegang saham dwiwarna Seri A. Setiap direktur Telkom memiliki masa jabatan selama 5 (lima) tahun yang dimulai sejak tanggal pengangkatan, kecuali jika masa jabatan akhir jatuh bukan pada hari kerja. Jika hal itu terjadi, maka masa akhir jabatan jatuh pada hari berikutnya. Pemegang saham dalam RUPST atau RUPSLB berhak untuk memberhentikan anggota direksi pada setiap saat sebelum masa jabatannya berakhir.

Per tanggal 31 desember 2011, struktur direksi Telkom terdiri dari delapan direktur, yaitu:
1. Rinaldi Firmansyah, Direktur Utama (“CEO”);
2. Sudiro Asno, direktur Keuangan (“CFO”);
3. Faisal Syam, direktur Human Capital & General Affairs;
4. Ermady dahlan, direktur Network & Solution (Pejabat pelaksana “COO”);
5. I Nyoman G Wiryanata, direktur Konsumer;
6. Arief Yahya, direktur Enterprise & Wholesale;
7. Prasetio, direktur Compliance & Risk management; and
8. Indra Utoyo, direktur IT & Supply (“CIO”);

Penentuan Kinerja, Gaji dan Tunjangan Direksi Pengukuran kinerja direksi Perseroan mengacu pada evaluasi kinerja yang efektif yang dilakukan secara komprehensif, berjenjang dan dievaluasi secara berkala setiap triwulan berdasarkan Keputusan dewan Komisaris No.01/KEP/dK/2010/RHS tanggal 21 Januari 2010, dimana penilaian kinerja tersebut terdiri dari 3 (tiga) indikator utama yaitu financial, internal business process dan learning & growth.

Setiap direktur berhak atas remunerasi yang terdiri dari gaji bulanan dan tunjangan lain (termasuk tunjangan pensiun). di samping itu direktur juga mendapatkan bagian tantiem tahunan atas kinerja dan pencapaian perusahaan yang besarannya ditentukan oleh pemegang saham dalam RUPST. Bonus dan insentif dianggarkan setiap tahun berdasarkan rekomendasi direksi dengan persetujuan dari dewan Komisaris sebelum diusulkan kepada pemegang saham dalam forum RUPST.
• Gaji
Komite Nominasi dan Remunerasi bertanggung jawab membuat formula gaji direksi. Formula yang selanjutnya akan dibahas dalam rapat gabungan antara direksi dan dewan Komisaris untuk mendapatkan persetujuan. Formula yang telah ditelaah oleh Komite Nominasi dan Remunerasi dan disetujui oleh rapat gabungan direksi dan dewan Komisaris tersebut kemudian diajukan kepada RUPST untuk mendapatkan persetujuan.
• Prosedur Penentuan Gaji, Tunjangan dan Fasilitas Direksi
Berdasarkan keputusan RUPST pada tanggal 9 mei 2003, dewan Komisaris memiliki wewenang untuk menentukan besarnya tunjangan dan fasilitas bagi direksi dengan mengacu pada hasil telaah konsultan independen. Setelah hasil telaah independen tersebut dibahas dan disetujui oleh direksi dan dewan Komisaris, dewan Komisaris menyusun formula yang berlaku sejak 1 Januari 2003. Besarnya tunjangan dan gaji direksi yang ditentukan oleh dewan Komisaris tersebut kemudian dilaporkan kepada pemegang saham dwiwarna dalam RUPST pada tanggal 30 Juli 2005. Penentuan tunjangan dan fasilitas bagi direksi berlaku sejak tahun fiskal 2003 dan akan diajukan kembali untuk tahun fiskal 2010.
Sesuai peraturan yang berlaku maka gaji, tunjangan dan fasilitas bagi anggota direksi dilaporkan kepada otoritas pasar modal dan Pemegang Saham dwiwarna.

Tabel Remunerasi Direksi di Tahun 2011 (dalam juta Rupiah)

Gaji Tunjangan Tunjangan Lainnya
14.081,7 26.264,5 47.749,8

Kepemilikan Saham
Setiap anggota direktur dan dewan Komisaris secara individual memiliki kurang dari satu persen Saham Biasa Perusahaan. Hanya 2 direktur yang memiliki Saham Biasa Perusahaan. Per tanggal 31 desember 2011, Ermady dahlan memiliki 17.604 saham dan Indra Utoyo memiliki 5.508 saham.

Rapat Direksi
Rapat direksi dipimpin oleh direktur Utama namun kedudukannya dapat dipergantikan oleh Wakil direktur apabila direktur Utama berhalangan hadir karena alasan apapun. Apabila Wakil direktur Utama berhalangan hadir, karena alasan apapun, maka rapat direksi akan dipimpin oleh salah satu anggota direksi yang ditunjuk oleh rapat direksi.

Rapat direksi dapat diadakan setiap waktu bilamana dianggap perlu atas permintaan satu atau lebih anggota direksi atau atas permintaan dewan Komisaris atau atas permintaan tertulis dari satu atau lebih pemegang saham yang memiliki sedikitnya sepersepuluh atau lebih dari jumlah Saham Biasa yang beredar.

Pengambilan keputusan rapat direksi berdasarkan atas musyawarah untuk mufakat. Apabila mufakat tidak tercapai, maka pengambilan keputusan akan dilaksanakan berdasarkan atas pengambilan suara mayoritas dari anggota direksi yang hadir. Kuorum rapat direksi adalah apabila lebih dari setengah dari anggota direksi hadir atau diwakili dengan sah secara hukum dalam rapat tersebut. Setiap anggota direksi yang hadir memiliki satu suara (dan satu suara untuk setiap direktur lainnya yang diwakili). Pada tahun 2011. Rapat direksi dilaksanakan sebanyak 52 kali.

Tabel Kehadiran Rapat Direksi

Direksi Jabatan Rapat yang Dihadiri
Rinaldi Firmansyah Direktur Utama / CEO 51
Sudiro Asno Direktur Keuangan / CFO 52 
Faisal Syam Direktur Human Capital & General Affair  52
Ermady Dahlan  Direktur Network & Solution 52 
I Nyoman G. Wiryanata Direktur Konsumer  52
Arief Yahya Direktur Enterprise & Wholesale 50
Prasetio Direktur Compliance & Risk Management 51
Indra Utoyo Direktur IT & Supply 52

Program Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dewan Komisaris dan Direksi
Sepanjang tahun 2011, Kami melaksanakan beberapa program pelatihan bagi dewan Komisaris dan direksi untuk peningkatan kompetensi dewan Komisaris dan direksi, termasuk Pelatihan GCG for Executive.

Peningkatan Kompetensi Dewan Komisaris

Nama Program Lokasi Tanggal
Jusman Syafii Djamal The Mobile World Congress Barcelona, Spanyol 12 -17 Februari 2011
Johnny Swadi Sjam The Mobile Congress Barcelona, Spanyol 12 -17 Februari 2011

 

Peningkatan kompetensi Direksi

 

Nama Program Lokasi Tanggal
Rinaldi Firmansyah - Innovation workshop

- The Mobile World Congress

MIT Sloan, Boston, AS

Barcelona, Spanyol

4-7 April 2011

12 – 17 Februari 2011

Sudiro Asno - The 6th CEE International Conference

- Advance Corporate Finance

Austria

United Kingdom

2 – 6 May 2011

7 – 11 November 2011

Faisal Syam - Transformation Leader Forum

- UNI APRO Regional Conference

- Workshop Metro Ethernet & IPV6 Juniper

Singapore

Philippines

Netherland

15 – 16 Februari 2011

5 – 7 Juli 2011

7 – 11 November 2011

Ermady Dahlan Fiber Optic Network Solution South Korea 22 – 26 November 2011
I Nyoman G. Wiryanata - Training visit to Best TV International tentang pengelolaan IPTV service China 9 – 12 November  2011
- NAB show 2011 conference tentang pengembangan bisnis konten AS 8 – 15 April 2011
Prasetio - The Mobile World Congress Spain 11 – 18 Februari 2011
- Diving Corporate Performance AS 15 – 23 Juli 2011
Indra Utoyo Leading Product Innovation AS

Related Posts