Grand Launching Banyuwangi Digital Society

Banyuwangi, 9 Maret 2013 - Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom), Arief Yahya bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan grand launching Banyuwangi Digital Society (Banyuwangi DiSo) di lapangan tenis GOR Tawang Alun, Banyuwangi, Sabtu (9/3). Kegiatan ini sekaligus menandai dukungan Telkom bagi Kabupaten Banyuwangi menjadi smart city, kota yang memiliki koneksi terintegrasi dalam berbagai bidang untuk pengelolaan kota yang praktis dan efisien. Grand launching Banyuwangi DiSo turut dihadiri Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Direktur Utama Telkom, Arief Yahya menjelaskan penggelaran Banyuwangi DiSo dimaksudkan untuk mengantisipasi tumbuh pesatnya Banyuwangi sebagai pusat ekonomi baru di Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi dipilih sebagai pilot project digital society karena mempunyai pertumbuhan ekonomi yang bagus. "Banyuwangi merupakan kota pertama di Jawa Timur dan Indonesia yang mengimplementasikan konsep Digital Society," ujar Arief Yahya.

Arief Yahya menambahkan, “Telkom telah menyiapkan rencana jangka panjang dengan melengkapi kota ini di sisi kemudahan akses internet cepat dan konten-konten aplikasi yang mendukung seluruh aktifitas kehidupan masyarakatnya.” Arief Yahya berharap konsep Digital Society seperti di Banyuwangi ini dapat segera ditiru oleh kota-kota lain di Jawa Timur, sehingga ke depan akan terwujud Jatim Digital Society

Menjadikan Banyuwangi sebagai smart city, Telkom menyediakan konten aplikasi pendukung yang meliputi e-government, e-education, e- health dan e-BAZ (Badan Amil Zakat). Pada kegiatan Grand launching Banyuwangi DiSo sekaligus akan dilakukan launching layanan IndiGov Banyuwangi, pengukuhan pengurus relawan Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) Jawa Timur, pemberian bantuan CSR, pelatihan media digital untuk jurnalis sekolah yang diikuti 250 pelajar dari 100an sekolah serta kick off www.ilovebanyuwangi.com.

Untuk layanan IndiGov, Banyuwangi siap mengimplementasikan transformasi birokrasi di lingkungan pemerintahan. Pemkab Banyuwangi bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih cepat, praktis dan terbuka seperti melakukan efisiensi pengelolaan operasional dan menyederhanakan proses administrasi.

Sementara itu, pengukuhan relawan TIK Jatim akan dilakukan Menkominfo didampingi Dirjen Aplikasi Informatika, P. Aswin Sasongko dan Mariam Barata. Kepengurusan baru relawan TIK Jatim 2013-2015 sudah terbentuk dan Banyuwangi akan segera mempunyai kepengurusan relawan TIK untuk menjadi partner dalam mempercepat transfer knowledge mengenai penting TIK bagi percepatan kesejahteraan masyarakat.

Pada kegiatan grand launching sekaligus dilakukan penyerahan bantuan CSR berupa mobil internet keliling dan pengadaan Tourism Information Center di Bandara Blimbingsari. Mobil internet keliling ditujukan untuk mengajak 40 ribu UKM di Banyuwangi go online. UKM-UKM tersebut dapat mengoptimalkan peran teknologi komunikasi dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Sementara itu, pengadaan Tourism Information Center dimaksudkan untuk meningkatkan sektor pariwisata Banyuwangi karena sektor ini menjadi salah satu sektor yang diandalkan Pemkab Banyuwangi.

Konsep dengan nama Digital Society sendiri telah dirancang Telkom untuk kota-kota se- Indonesia sehingga nantinya tercipta ekosistem-ekosistem yang digital friendly. Digital Society inilah yang akan menjadi pendorong terciptanya Indonesia Digital Network (IDN), program besar Telkom sampai 2014 untuk merealisasikan master plan MP3EI (Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

Arief Yahya menambahkan, dengan dukungan IT yang diberikan Telkom secara convergence melalui portofolio bisnis TIMES (Telecommunications, Information, Media, Edutainment, and Services) yang didukung seluruh anak perusahaan dibawahnya, bisa memberi banyak manfaat untuk mendorong percepatan ekonomi di kota ‘Gandrung’ yang berpenduduk tak kurang dari 1,5 juta jiwa dan tersebar di area seluas 5.782,50 km2 .

Grand launching Banyuwangi DiSo merupakan salah satu wujud komitmen mega proyek “Indonesia Digital Network” dalam rangka memberikan mega persembahan “Indonesia Digital Society” untuk satu tujuan mega, meningkatkan martabat bangsa di kancah internasional

“Persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia”

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

ARIF PRABOWO
Operation Vice President Public Relations
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Phone : 62-22-4527455
Fax : 62-22-4521411
e-mail : corporate_comm@telkom.co.id
website: www.telkom.co.id