SMK Insan Global Menjadi Sekolah ke-3000 Program Indischool

Jakarta, 27 Februari 2013 – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) memberikan penghargaan khusus kepada SMK Insan Global, Jl. Tanjung Pura V, Cengkareng, Jakarta Barat. “Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Telkom kepada SMK Insan Global bertepatan dengan pencapaian sekolah ke-3000 untuk program IndiSchool,” ujar Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin di SMK Insan Global, Jakarta Barat, Rabu (27/2).

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMK Insan Global dalam sebuah acara khusus, yang antara lain diisi dengan pentas seni, lucky draw dan pengukuhan Duta IndiSchool. Awaluddin juga memberikan hadiah khusus berupa gadget kepada dua siswa Duta IndiSchool tersebut. “Sebagai duta IndiSchool kita berharap mereka dapat menyebarkan semangat INDIShool kepada teman-teman lain,” pesan Awaluddin.

IndiSchool merupakan program Telkom dalam upaya membangun Indonesia Cerdas, yang antara lain dilakukan melalui penyediaan Internet WiFi yang mudah, murah dan berkecepatan tinggi di sekolah-sekolah. IndiSchool (Indonesia Digital School) merupakan upaya Telkom mendukung dunia pendidikan sekaligus bagian dari rangkaian program Indonesia Digital Network (IDN) yang akan diimplementasikan hingga 2015 mendatang.

Awaluddin mengatakan, Telkom akan menggelar tidak kurang dari 100 ribu titik hotspot IndiSchool di berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Akses Internet yang dipancarkan dari titik hotspot ini akan memudahkan siswa dan guru mengakses konten-konten edukasi melalui smartphone, komputer, netbook/laptop serta perangkat akses Internet lainnya, saat berada di lokasi sekolah atau kampus.

Penyediaan akses hotspot di sekolah-sekolah dapat memberikan pengaruh signifikan bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan setelah penerapan kurikulum 2013. Hadirnya akses Internet berkecepatan tinggi (broadband) di sekolah akan membantu para guru untuk menerapkan sistem pengajaran yang lebih interaktif dan menggunakan materi pengajaran terkini. IndiSchool juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreativitas dalam pembuatan konten dan aplikasi pendidikan oleh komunitas pendidikan.

Pada tahap awal, Telkom akan memberikan akses Internet dengan kecepatan 1 Mbps agar sekolah-sekolah dapat mengakses konten-konten edukasi seperti portal Rumah Belajar dan Kelas Maya maupun konten edukasi lain seperti TV Edukasi yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hingga saat ini, akses internet IndiSchool telah digelar di 3000 sekolah, atau sekitar 10 persen dari total 300 ribu sekolah di Indonesia.

“Dengan dukungan dari Kemdikbud serta Dinas Pendidikan di tingkat propinsi dan kota/kabupaten, Telkom berkomitmen menggelar IndiSchool di 100 ribu sekolah hingga akhir 2013. Penggelaran titik hotspot IndiSchool ini juga tidak terlepas dari komitmen Telkom menggelar satu juta titik WiFi di seluruh Indonesia,” tambah Awaludin. Dengan pemerataan akses Internet dan delivery content melalui program IndiSchool maka sekolah-sekolah yang berada di daerah pun dapat meningkatkan kualitas materi pengajaran dan kualitas anak didik.

Program IndiSchool tidak terlepas dari visi Telkom untuk mendekatkan akses internet kepada seluruh warga negara. Telkom terus melakukan reformasi infrastruktur telekomunikasi dengan membangun jaringan infrastruktur Information and Communication Technology (ICT) Nasional berbasis optical network platform. Konsep tersebut menjadi lebih mutakhir dengan dicanangkannya Indonesia Digital Network (IDN) sebagai visi infrastruktur Telkom seiring dengan transformasi portofolio bisnis Telkom menuju industri TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services).

IDN merupakan visi pengembangan infrastruktur true broadband Telkom secara end to end (user terminal, akses, transport dan service) yang akan dicapai melalui pembangunan tiga infrastruktur utama, yakni ID Access, ID Ring dan ID Convergence.

“Kami meyakini kemudahan mengakses informasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Awaluddin. “Telkom terpanggil untuk proaktif menjadi terdepan dalam melayani Digital Society dan Digital Ecosystem di Indonesia yang tumbuh pesat sejalan dengan trend global,” tambahnya.

Mengutip instruksi Menteri BUMN, Dahlan Iskan beberapa waktu lalu, yang menyebutkan peran BUMN adalah memperkuat ketahanan nasional, menjadi garda depan lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional serta ekspansi dan bersaing di pentas Global, Telkom melalui penggelaran mega proyek Indonesia Digital Network (IDN) berkomitmen memberikan mega persembahan Indonesia Digital Society dan Indonesia Digital Ecosystem untuk satu tujuan mega, yakni meningkatkan martabat bangsa di kancah internasional.

“Persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia”

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

ARIF PRABOWO
Operation Vice President Public Relations
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Phone : 62-22-4527455
Fax : 62-22-4521411
e-mail : corporate_comm@telkom.co.id
website: www.telkom.co.id