FlexiCOMBO Sesuai KM 35/2004

Jakarta, 3 November 2006 – FlexiCOMBO boleh dibilang salah satu hasil inovasi TELKOM untuk menyediakan layanan yang di satu sisi mengakomodasi kebutuhan komunikasi masyarakat yang fleksibel dan mobile, serta di sisi lain juga menawarkan tarif yang sangat murah. Inovasi ini, sudah sangat klop dengan program Flexi SurePrice! yang menawarkan tarif murah antarsesama pengguna Flexi (on-net). Layanan serba hemat ini ternyata mendapat permintaan dari BRTI sesuai surat BRTI kepada TELKOM untuk menghentikan sebagian wilayah layanannya, karena menurut BRTI belum memenuhi (comply) sesuai KM No. 35/2004.
 
Menurut Vice President Public & Marketing Communication TELKOM, Muhammad Awaluddin, bahwa layanan FlexiCOMBO setelah dikeluarkannya surat BRTI tertanggal 2 November 2006, pada dasarnya BRTI menyetujui tentang fasilitas layanan FlexiCOMBO TELKOM dengan tetap harus memenuhi persyaratan (comply) terhadap Kepmenhub No. 35/2004. Adapun definisi memenuhi/comply terhadap aturan tersebut adalah :
 
a.       Nomor COMBO (nomor temporer/nomor anak) langsung mati ketika pelanggan kembali ke kota asal, dan
b.       Fasilitas Call Forwarding hanya diberlakukan dari nomor induk ke nomor COMBO (nomor temporer/nomor anak).
 
“Wilayah – Wilayah yang telah dilakukan penyempurnaan (patching software) di 19 Mobile Switching Centre (MSC) agar sesuai dengan KM No.35/2004 per tanggal 2 Nopember 2006 adalah Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, Jawa Timur dan Riau. Total kapasitas 2,9 juta satuan sambungan Flexi atau 60% total pelanggan Flexi saat ini” tegas Awaluddin.
 
Awaluddin menambahkan bahwa 40% dari kapasitas yang akan disesuaikan MSC-nya masih perlu dilakukan patching software dan akan diselesaikan pada tanggal 8 Nopember 2006, sehingga pada tanggal tersebut dijadwalkan selesai 100 persen. Saat ini proses tersebut sedang berjalan dan diproyeksikan akan selesai sesuai jadwal.
 
Meskipun FlexiCOMBO memiliki kemampuan untuk digunakan di berbagai wilayah, tidak berarti FlexiCOMBO menyediakan fasilitas roaming sebagaimana yang tersedia pada layanan telepon seluler. Bagaimana pun FlexiCOMBO tetap menggunakan beberapa nomor lokal yang bersifat temporer yang hanya bisa bergerak dalam satu wilayah kode area. Hanya saja, proses aktivasiFlexi di tempat-tempat yang dikunjungi dapat dilakukan secara mudah dan cukup melalui SMS.
 
Bagi seluruh pelanggan FlexiCOMBO yang ingin melakukan kepergian keluar kota lakukan sebagaimana yang sudah TELKOM sampaikan, sebagai contoh, seorang pelanggan Flexi dengan nomor induk Bandung berkunjung ke Balikpapan. Agar Flexi yang dibawanya bisa digunakan di Balikpapan, maka ketika masih di Bandung pelanggan tersebut cukup mengetik On<spasi>[namakota] atau On<spasi>[kodearea], dalam hal ini berarti On Balikpapan atau On 0542 kemudian dikirim ke nomor 777. Demikian halnya, ketika pelanggan tadi mengunjungi Surabaya, ia cukup melakukan aktivasi Flexi-nya ketika hendak berangkat ke Surabaya dengan mengetik On Surabayaatau On 031. Kemudian pelanggan tersebut akan mendapatkan SMS notifikasi yang menginformasikan nomor lokal temporer Surabaya atau Balikpapan sehingga di kedua kota tersebut nomor lokal temporer sudah aktif dengan tarif percakapan ke nomor telepon setempat adalah lokal. Untuk hal ini pelanggan hanya perlu mengaktifkan fitur callforwarding dengan cara tekan *77 [OK] dan *770 [OK] untuk menonaktifkan.
 
Selamat menikmati layanan FlexiCOMBO dari TELKOM !
 
 
 
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :
 
Muhammad Awaluddin
Vice President Public and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Tel.      62-21-5213288
Fax.     62-21-5203322
Email : awaluddin@telkom.co.id
Website : www.telkom-indonesia.com