Garuda dan Telkom Luncurkan Layanan Pembayaran Tiket di Sinergi BUMN: Indomaret

Jakarta, 2 September 2015 – Bertempat di Indomaret Point Juanda, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) bersama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) melakukan launching layanan pembayaran tiket Garuda Indonesia di Indomaret. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia Handayani, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dan Direktur Marketing Indomaret Wiwiek Yusuf, didampingi Direktur Utama PT Finnet – entitas usahanya Telkom Group yang bergerak dalam penyediaan layanan solusi sistem transaksi pembayaran secara elektronik – Niam Dzikri dan Direktur Marketing dan Sales PT Infomedia Nusantara, Andang Ashari.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Garuda dan Telkom khususnya untuk pemesanan tiket melalui Contact Center Garuda Indonesia yang diselenggarakan oleh Infomedia. Selama ini pelanggan yang melakukan pemesanan tiket Garuda Indonesia melalui Contact Center hanya dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit dan ATM di 18 bank. Tetapi dengan adanya kerjasama Telkom, dalam hal ini Finnet dengan Indomaret memberikan tambahan kemudahan bagi para pengguna jasa dalam melakukan transaksi pembelian tiket Garuda Indonesia untuk juga bisa melakukan pembayaran di seluruh gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Handayani mengatakan, peluncuran layanan pembayaran tiket Garuda Indonesia di Indomaret tersebut merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan. ”Melalui layanan ini, didukung dengan banyaknya gerai-gerai Indomaret yang tersedia, kami berharap seluruh pelanggan akan semakin mudah dan nyaman menjangkau Garuda. Melalui channel distribution yang dimiliki oleh Garuda, termasuk lokasi-lokasi gerai Indomaret yang strategis ini juga tentunya akan mempermudah seluruh pelanggan untuk mengakses layanan kami, termasuk pada lokasi-lokasi yang tidak terjangkau internet dan ATM” tambah Handayani.

Sementara itu, Direktur Enterprise & Bussiness Service Telkom Muhammad Awaluddin menyampaikan, Telkom melalui entitas usahanya Infomedia dan Finnet berusaha mendukung Garuda Indonesia untuk memperluas channel pembayaran melalui channel Contact Center dan bertindak sebagai payment aggregator. Dan Indomaret ini merupakan channel pembayaran non bank pertama untuk Garuda Indonesia dan Telkom akan mendukung Garuda Indonesia untuk memperluas channel pembayaran yang lain.

“Sinergi BUMN ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah Garuda Indonesia sebagai penyedia layanan transportasi udara dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, terutama dengan peran strategis Indomaret dengan gerai yang tersebar di tanah air, sehingga kita akan bersama-sama menjadi Bigger (Sales & Market Size), Broader (Business Scope) dan Better (Service Quality)”, jelas Awaluddin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Marketing Indomaret Wiwiek Yusuf mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan wujud Indomaret memegang komitmen kemudahan pelanggan. “Dengan menambah layanan pembayaran tiket Garuda Indonesia di Indomaret, penumpang Garuda lebih dimudahkan karena layanan ini sudah dapat dinikmati di 11.400 gerai Indomaret yang tersebar di kota-kota di Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Untuk tahap awal kerja sama, kami melayani pembayaran kode booking yang diperoleh melalui call center Garuda 08041807807. Dalam waktu dekat, layanan ini ditambah untuk pembayaran kode booking yang diperoleh via website Garuda.” Hal ini melengkapi berbagai layanan yang telah tersedia di Indomaret seperti pembayaran tagihan langganan listrik, token listrik pra-bayar, tagihan telepon dan air, kredit motor, hingga konser pertunjukan. Indomaret saat ini tengah menyiapkan promosi menarik untuk setiap transaksi pembayaran tiket Garuda.

Tentang Garuda Indonesia

Garuda Indonesia – maskapai flag carrier Indonesia – saat ini melayani 78 destinasi di seluruh dunia dan berbagai lokasi eksotis di Indonesia. Dengan jumlah penerbangan mencapai 600 penerbangan per hari dan jumlah armada yang dioperasikan mencapai 180 armada (dengan rata-rata usia 4,8 tahun), Garuda Indonesia memberikan pelayanan terbaik melalui konsep “Garuda Indonesia Experience” yang mengedepankan keramahtamahan dan kekayaan budaya Indonesia.

Melalui program transformasi yang berkelanjutan khususnya program pengembangan armada, maka pada akhir tahun 2015 Garuda Indonesia akan mengoperasikan sebanyak 190 pesawat (termasuk anak usaha Citilink). Beberapa pengakuan atas keberhasilan program transformasi Garuda Indonesia” di antaranya adalah pencapaian sebagai “Maskapai Bintang Lima/5-Star Airline”, “The World’s Best Cabin Crew” tahun 2014 dan 2015, “World’s Best Economy Class 2013” dari lembaga pemeringkat penerbangan independen berbasis di London, SkyTrax. Garuda Indonesia saat ini juga menempati peringkat kedelapan dalam daftar “World’s Best Airline 2015”.

Garuda Indonesia merupakan anggota SkyTeam, sebuah aliansi global yang beranggotakan 20 anggota maskapai yang menawarkan jaringan global dengan lebih dari 16.320 penerbangan setiap harinya ke 1052 destinasi di 177 negara.

Tentang Telkom Indonesia

Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merupakan Badan Usaha Milik Negara sekaligus perusahaan publik, penyedia jasa layanan Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services (TIMES) dengan jaringan terbesar dan wilayah cakupan terluas di Indonesia yang senantiasa berupaya untuk memberi layanan terbaik dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pemegang saham mayoritas Perseroan adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52,56% sedangkan 47,44% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perseroan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan New York Stock Exchange (NYSE).

Secara keseluruhan, Telkom memiliki 33 entitas anak yang saling bersinergi menjalankan portofolio bisnis TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Services). Telkom mengelompokkan entitas anak menjadi empat kelompok besar yaitu bisnis seluler, media, infrastruktur, dan internasional. Bisnis seluler dipimpin PT Telekomunikasi Indonesia Selular (“Telkomsel”), bisnis media dipimpin PT Multimedia Nusantara (“TelkomMetra”) bisnis infrastruktur berada dalam koordinasi PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (“TelkomInfra”), sedangkan bisnis internasional dikendalikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia International (“Telin”). Telkom menyediakan layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi selular, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Selain itu, Telkom juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based dan server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.

Salah satu anak perusahaan Telkom yaitu PT Finnet Indonesia didirikan pada tanggal 31 Oktober 2005 dengan 60% saham dimiliki oleh Telkom (Cq. PT. Multimedia Nusantara) dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (Cq. PT. Mekar Prana Indah) sebesar 40%. Awal fokus bisnis PT Finnet Indonesia adalah sebagai penyediaan infrastruktur TI, aplikasi & konten untuk melayani kebutuhan sistem informasi dan transaksi keuangan bagi industri perbankan dan jasa keuangan lainnya.

Tahun 2014 PT. Finnet Indonesia memiliki 3 portofolio bisnis yang pertama Aggregator pembayaran tagihan (Bill Payment Aggregator), Platform pembayaran elektronik (Electronic Payment Platform) dan Solusi pembayaran online. Ditahun ke-Empat sejak berdirinya (tahun-2009) Finnet mendapatkan Sertifikat ISO 9001;2008 dari TUV Rheinland Cert Gmbh dalam ACA Telkom dan pada tahun 2010 mendapat Sertifikasi ISO 9001, ISO 27001 dan PCI DSS untuk layanan Electronic Data Capture (EDC) dan Internet Payment Gateway.

Selain itu, PT Infomedia Nusantara merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di portofolio Information Services untuk melengkapi portofolio Telkom – TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment and Services). Dengan puluhan tahun pengalaman sebagai provider layanan contact center, saat ini Infomedia merupakan market leader industri contact center di Indonesia melalui penguasaan 34% market share. Infomedia mengembangkan bisnisnya melalui penyediaan Business Process Management terintegrasi dengan berfokus pada penyediaan solusi: Customer Relationship Management (CRM), IT Outsourcing (ITO), Business Process Outsourcing(BPO), dan Knowledge Process Outsourcing (KPO).

Tentang Indomaret

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas ruang penjualan kurang dari 200 m². Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga Juli 2015 Indomaret mencapai 11.400 gerai tersebar di kota-kota di Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.