GEMPA DI PADANG, Trafik TELKOM Sempat Macet, Namun Infrastruktur Normal

Bandung, 6 Maret 2007 – Sampai sejauh ini, gempa bumi berkekuatan 5,8 SR yang melanda Sumatera Barat sekitar pkl 10.30 WIB, dilaporkan tidak mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur telekomunikasi Telkom di wilayah tersebut. Namun demikian sempat terjadi kemacetan akibat banyaknya panggilan (outgoing dan incoming) yang berlangsung secara bersamaan.
 
Demikian dinyatakan Vice President Public and Marketing Communication PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) Muhammad Awaluddin di Bandung (6/3). Diakui Awaluddin beberapa gedung bangunan yang meliputi STO Padang Panjang, STO Batusangkar, dan kantor pelayanan Padang Baru di kota Padang memang mengalami retak-retak, namun demikian untuk infrastruktur telekomunikasi yang meliputi perangkat-perangkat sentral (switching), transmisi, dan jaringan akses dalam keadaan normal.
 
Tentang kemungkinan matinya listrik di seluruh Sumbar, Awaluddin mengatakan Telkom akan menempuh prosedur tetap dengan mengganti sementara sistem catu daya PLN dengan batere yang berkekuatan terbatas (sekitar 6 jam), dan bila listrik PLN masih juga mati setelah batere habis, langkah berikutnya adalah mengoperasikan emergency genset.
 
Infrastruktur Telkom di wilayah bencana dikelola oleh Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) Sumatera Barat. Saat ini, Telkom Sumbar memiliki Line in Service (LIS) 163.000 Satuan Sambungan Telepon (SST) dengan kapasitas total 185.000 SST. Sedangkan untuk Flexi, di wilayah ini terdapat 17 BTS (Base Transceiver Station) CDMA Flexi dengan jumlah pelanggan atau LIS 50.000 SSF.
 
“Kami atas nama seluruh jajaran Telkom menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas terjadinya musibah gempa bumi yang terjadi di Sumbar, semoga segala sesuatunya segera pulih,” ujar Awaluddin.
 
 
 
Untuk Keterangan Lebih Lanjut, Hubungi :
 
Muhammad Awaluddin
Vice President Public and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Tel.      62-21-5213288
Fax.     62-21-5203322
Email : awaluddin@telkom.co.id
Website : www.telkom-indonesia.com