Sekretaris Perusahaan / Investor Relations (“IR”)

Dipimpin oleh seorang Vice President (”VP”) di bawah Head of Corporate Communication & Affair sebelumnya dibawah Direktur Keuangan, IR bertanggungjawab atas kesiapan penyajian informasi pada proses inter relasi antara Perusahaan dengan Shareholder sesuai dengan aturan tata hubungan yang ditentukan, serta terpeliharanya mekanisme umpan balik yang sistematis kepada manajemen agar mampu merespon dinamika shareholder dan pasar modal secara tepat dan efektif.

Pelaksanaan Kegiatan Sekretaris Perusahaan

Aktivitas utama Sekretaris Perusahaan /IR adalah sebagai berikut:

  • Mengarahkan, menyelenggarakan dan mengendalikan proses administratif, pemenuhan permintaan informasi (untuk Laporan Tahunan, informasi kepada investor dan filing) melalui media online, merancang detail meeting & presentation dan diseminasi laporan.
  • Mengoordinasikan penyelenggaraan shareholder relation, yang mencakup tugas-tugas merespon permintaan informasi dari pemegang saham.
  • Mengoordinasikan program pembinaan hubungan dengan investor yang mencakup tugas identifikasi target interaksi, program pendekatan ke seluruh investor dan kegiatan lain yang terkait dengan pembinaan intensitas minat investor.
  • Mengoordinasikan program pengembangan informasi, yang mencakup tugas pengembangan platform informasi, pengelolaan feedback, pengolahan informasi strategis yang terkait dengan fluktuasi dan trend harga saham, dan kegiatan lainnya yang terkait dengan pengayaan informasi yang dapat diperoleh Perusahaan.
  • Mengoordinasikan penyelenggaraan annual meeting dan conference calls.
  • Mengoordinasikan penyelenggaraan media komunikasi dalam penyelenggaraan laporan berkala dan penyediaan release (disclosure), penyediaan dokumen filing, pengelolaan website, dan kegiatan lain yang terkait dengan proses penyajian informasi yang dibutuhkan oleh investor dan komunitas pasar modal.
  • Memberikan rekomendasi/advice kepada BoD untuk hal-hal yang terkait dengan corporate action dalam merespon berbagai informasi investor dan hal-hal yang berhubungan dengan pasar modal.

Kami sangat memperhatikan dua prinsip penting GCG, akuntabilitas dan transparansi. Melalui unit IR dan Unit Pemasaran, kami secara berkelanjutan berupaya untuk memastikan bahwa informasi yang dikeluarkan akurat, jelas, tepat dan menyeluruh dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan  integritas pasar dan kepercayaan para pemangku kepentingan.

Dimuat pada tanggal 19 Juni, 2014