Menjelang Pergantian Tahun Trafik Komunikasi Telkom Mengalami Kenaikan

Jakarta, 5 Januari 2010 – Menjelang pergantian tahun 2009-2010 PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) mencatat kenaikan trafik komunikasi baik pada layanan telepon kabel, Flexi maupun Speedy. Kenaikan trafik yang sama terjadi pada layanan SLI 007.

Telkom yang memiliki 8,7 juta pelanggan telepon kabel mencatat kenaikan trafik panggilan suara (voice call) sebanyak 30,9 juta menit. ”Bila dibandingkan dengan trafik rata-rata harian bulan Desember yang berkisar pada 28,1 juta menit maka terjadi kenaikan trafik sebesar 10,28%,” demikian Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia.

Kenaikan yang sama terjadi pada Sambungan Langsung Internasional (SLI) 007. Menjelang pergantian tahun tersebut Telkom mencatat 1,4 juta call atau setara 1,74 juta menit panggilan keluar per hari. Sementara panggilan masuk per hari mencapai 4,65 juta menit.

”Bila dibandingkan dengan menjelang pergantian ke tahun 2009 terjadi peningkatan panggilan keluar sebanyak 36,1% dan untuk panggilan masuk naik 9,2%, jelas Eddy Kurnia. Panggilan terbanyak, yakni sekitar 50% merupakan panggilan ke operator lain, disusul SLJJ sebanyak 17,48%, lokal 23,5% dan ke Flexi 11,09%.

Sementara itu, layanan Flexi juga mencatat kenaikan panggilan suara sebanyak 14,2% dibanding hari-hari biasa yakni sekitar 41.807.044 panggilan atau 50.545.562 menit. Trafik SMS Flexi naik 22,7% atau 46.144.393 SMS. Adapun penggunaan data, mencapai 1,2 Terabita atau naik sekitar 13%. Saat ini pelanggan Flexi mencapai 15,7 juta pelanggan.

"Keberhasilan panggilan Flexi lebih dari 99% yang berarti tidak ada permasalahan signifikan dalam koneksi voice maupun data di Telkom,” tandas Eddy Kurnia. Menjelang pergantian tahun, yang ditandai juga dengan libur panjang, lalu lintas telekomunikasi di periode Tahun Baru cukup padat, namun pelanggan tetap dapat berkomunikasi secara nyaman.

Ditambahkannya, keberhasilan dalam menyelenggarakan layanan tersebut tak lain berkat persiapan matang antara lain dengan memperhatikan data trafik tahun lalu, Telkom melakukan prediksi yang cukup akurat, sehingga Telkom bisa melayani dengan baik kebutuhan telekomunikasi para pelanggannya.

Kesiapan jaringan dengan memperhitungkan prakiraan lonjakan trafik serta pemantauan yang intensif, terbukti dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan sehingga pelanggan bisa berkomunikasi dengan nyaman.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut, Hubungi :

Eddy Kurnia
Vice President Public and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Tel. 62-22-4527455. Fax. 62-22-4521411
Email : eddy_k@telkom.co.id
Website : www.telkom.co.id