Pakai SMS, Nelayan Bengkulu Bisa Tahu Titik Kumpul Ikan

TEMPO.CO, Bengkulu – Kabar gembira untuk para nelayan di Bengkulu. Mereka akan mendapatkan panduan tempat berkumpulnya ikan di laut. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memberikan fasilitas pendeteksi titik berkumpulnya ikan di laut. Para nelayan bisa mendapatkan info titik kumpul ikan ini melalui pesan pendek di telepon seluler sebelum mereka berangkat melaut.

Program ini merupakan kerja sama PT Telkom Tbk dan Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu. “Awalnya fitur ini untuk kapal yang bersandar di Pelabuhan Bengkulu. Kapal-kapal itu dibekali automatic identification system untuk mendeteksi atau memantau kapal-kapal yang akan memasuki Pelabuhan Bengkulu,” kata General Manager Telkom Witel Bengkulu Nugroho Setio Budi, Jumat, 24 Juli 2015.

Fitur ini berguna untuk memantau lalu lintas keluar-masuk area pelabuhan, sehingga memudahkan pendeteksian jika terjadi sesuatu terhadap kapal. Telkom kemudian mengembangkan program ini dengan menciptakan layanan pesan pendek untuk nelayan yang akan mencari tempat ikan berkumpul. Pengiriman pesan pendek ini menggunakan teknologi 2G dengan memanfaatkan base transceiver station yang dimiliki Telkom. Fitur teknologi ini bisa digunakan di ponsel sederhana.

Selama ini nelayan kecil berangkat mencari ikan ke laut tanpa dibekali teknologi. Sedangkan Dinas Kelautan dan Perikanan memiliki info ihwal titik-titik koordinat tempat ikan berkumpul. Hanya, info itu diakses secara manual. Telkom akan membantu menyebarkan informasi itu melalui pesan pendek ke nomor nelayan.

 http://m.tempo.co/read/news/2015/07/24/058686231/pakai-sms-nelayan-bengkulu-bisa-tahu-titik-kumpul-ikan