Sekar Telkom Serahkan Bantuan Natura dan Uang Tunai ke Sinabung

Sinabung, 12 Juni 2014 – Serikat Karyawan (Sekar) Telkom Indonesia melalui Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sekar Telkom Sumatera menyerahkan bantuan bahan natura dan uang tunai kepada para pengungsi Gunung Sinabung di Kabanjahe. Bantuan ini merupakan kesekian kalinya Sekar Telkom turun ke lapangan dalam rangka aksi peduli Sekar Telkom untuk korban bencana di Sumatera.

Hadir dalam aksi peduli ini yaitu Ketua I DPW Sumatera Sekar Telkom Syamsul Bahri, Ketua III Siwi Widiarto, Wakil Sekretaris dan Bendahara Samsul Tarigan dan Sarjito, serta didampingi Kabid Kosad DPP Sekar Telkom Rusman Nadeak, juga Kakandatel Kabanjahe Witel Sumut Barat Binsar Silalahi.

Syamsul Bahri menjelaskan bantuan berupa natura sebesar Rp 28,3 juta dan Rp 68,5 juta dalam bentuk uang tunai untuk biaya anak sekolah. “Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan Sekar Telkom kepada sesama Bantuan uang tunai diberikan kepada 535 Kepala Keluarga,” imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, total bantuan sebesar Rp 96,87 juta ini merupakan donasi dari seluruh Karyawan Telkom yang disalurkan dari DPP Sekar Telkom Jawa Timur, Kalimantan, Jakarta-2 dan Sumatera.

“DKM Masjid Baiturahman Witel Sumut Barat Medan ikut serta menyumbang sebesar Rp 800 ribu,” ujar Syamsul.

Haru bercampur deraian air mata tampak saat tim DPW Sumatera Sekar Telkom menyerahkan bantuan kepada para pengungsi di 4 lokasi berbeda. Dua lokasi di Brastagi yakni di Masjid Istiqrar Brastagi dan Kursus Wanita Kristen GBKP. Sementara 2 lokasi lainnya yaitu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Masjid Amal Bakti Kabanjahe.

Saat penyerahan bantuan di Masjid Amal Bakti, Koordinator Pengungsi Mahadi Ginting tidak sanggup menahan air matanya sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh karyawan Telkom. Katanya, saat ini sangat sulit mereka mendapatkan bantuan logistik, mengingat pengendalian logistik dilakukan BPBD bagi masyarakat yang desanya akan direalokasi.

Sementara Maia Br Sembiring, dengan terbata-bata pula menyampaikan rasa syukur sembari mendoakan agar karyawan Telkom selalu dalam keadaan sehat dan mendapat rezeki yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa. Ia berharap semoga amal ibadah karyawan yang tergabung dalam kegiatan Sekar Peduli tidak berhenti hanya dalam kegiatan ini karena masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan.

Awal Februari 2014 Gunung Sinabung yang terletak di daratan tinggi Tanah Karo Sumatera Utara tiba-tiba meletus hebat. Letusan gunung berapi ini mengakibatkan 15 orang tewas. Awan panasnya menyapu lahan pertanian rakyat dalam radius 5 Km dari gunung ribuan masyarakat gagal panen.

Gunung Sinabung tercatat tidak pernah meletus sejak tahun 1600 tetapi mendadak aktif kembali pada bulan September 2013. Kini gunung tersebut sudah kelihatan tertidur lelap kembali.