Telkom Bangun Koneksi ICT di Belasan Pelabuhan Indonesia Senilai Rp90 M

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) turut mendukung Indonesia menjadi poros maritim dunia seperti yang digaungkan Presiden Joko Widodo. Telkom akan membangun koneksi Infrastructure and Communication Technology (ICT) di 18 pelabuhan seluruh Indonesia.

Program itu dimulai sejak 2014 lalu. Sedikitnya enam pelabuhan di Indonesia yang sudah dibangun. Program untuk pengembangan sektor maritim itu akan dilanjutkan kembali tahun ini.

Ada tiga program yang akan dilakukan, yakni sektor Maritime Logistic, Maritime Fishery, dan Maritime Defense. Masing-masing untuk infrastruktur pelabuhan, kampung nelayan, dan pulau terluar Indonesia. Perusahaan plat merah ini mengeluarkan investasi sebesar Rp90 miliar untuk program ‘Telkom Digtal Seaport Solution’ di 24 Pelabuhan di Indonesia.

Djati Widagdo, Head of Bussines and Marketing Probis MILES Telkom mengatakan, pembangungan 24 Pelabuhan ini merupakan bagian dari Maritime logistic. Telkom memberikan solusi ICT bagi pelabuhan dan logistik.

“Saat ini memang beberapa elemen di pelabuhan sudah ada sistem ini namun belum terautomasi. Telkom melakukan pembangunan ICT sehingga dapat terautomasi dengam baik,” kata Djati disela-sela acara Indopart Expo 2015 di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/3/2015).

Maritime Logistic ini meliputi Tracking System, Cargo Distribition System, Gate System, dan Ware House. Selain itu juga memberikan koneksi dengan Broadband Conncetivity melalui Fiber Optic, akses WiFi dan penguatan sinyal Telkomsel.

Telkom juga melakukan otomasi proses-proses bisnis yang ada di pelabuhan dengan aplikasi yang dibutuhkan. Selanjutnya mengitegrasikan seluruh komunitas pelabuhan dan logistik dengan sistem informasi yang saling terkoneksi.
“Kunci dari progam ini adalah Connectivity, Automation, Integration dan Ecosystem,” jelasnya.

Untuk menggarap program ini, seluruh anak perusahaan Telkom dikerahkan. Dia berharap, program ini dapat mendukung pemerintah dalam program Tol laut yang menurunkan biaya logistik itu.

Pada 2014, ada 6 pelabuhan yang sudah dibangun. Yakni Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makasar, dan Pelabuhan Sorong.

Rencananya, pada 2015 akan dibangun di belasan pelabuhan. Di antaranya Pelabuhan Banda Aceh, Pangkal Pinang, Kuala Tanjung, Dumai, Panjang, Padang, Cilacap, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Maloy, Lombok, Kupang, Bitung, Ambong, Halmahera, dan Jayapura.