Telkom dan eBay Kembangkan bisnis e-commerce di Indonesia

Jakarta, 16 April 2012PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom)dan eBay hari ini (16/4) di Jakarta sepakat melakukan kemitraan strategis untuk meningkatkan bisnis e-commerce di Indonesia melalui situs e-commerce Plasa.com. Kemitraan tersebut ditandai dengan kesepakatan mendirikan perusahaan patungan bernama PT. MetraPlasa antara anak perusahaan Telkom, PT. Multimedia Nusantara (Metra) dengan eBay.
Kemitraan antara dua perusahaan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan di mana Telkom dikenal sebagai perusahaan telecommunication, information, media and edutainment (TIME) serta network provider terbesar di Indonesia dengan eBay,  perusahaan online marketplace terbesar di dunia sekaligus pemimpin industri mobile commerce.
Rinaldi Firmansyah mengatakan, “Telkom sangat antusias bekerjasama dengan eBay untuk bersama-sama memberikan layanan e-commerce terbaik melalui kemudahan akses dari lebih pelanggan Telkomsel, sekitar 15 juta pelanggan Flexi, dan akses lain yg disediakan TELKOMGroup yg memungkinkan masyarakat Indonesia dan internasional dapat melakukan transaksi online atas produk-produk lokal yg tersebar diseluruh wilayah Indonesia, sehingga sektor usaha kecil menengah dapat berkembang pesat melalui kemudahan akses ke pasar lokal maupun internasional”.
Rinaldi menambahkan kemitraan dengan eBay dimaksudkan juga untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global, dan memungkinkan konsumer lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi.
“Kerjasama Telkom dengan eBay ini merupakan terobosan luar biasa bagi pelaku UKM atau siapa pun untuk berbisnis secara global dengan memanfaatkan platform eBay yang sudah terbukti berhasil,” tegas Rinaldi. Menurutnya keberhasilan eBay dalam menciptakan online market dengan traksaksi jutaan perhari menggugah Telkom untuk mengikuti jejak eBay.
Senior Vice President eBay Asia Pasifik, Jay Lee mengatakan, “Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Telkom dan berharap dan meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual-beli produk lokal ke seluruh dunia, di mana pun dan kapan pun mereka inginkan.”
Jay Lee meyakini relasi yang kuat antara Telkom dengan pelanggannya di seluruh Indonesia dan pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform online market yang dimiliki eBay akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia.
Kedua perusahaan meyakini pertumbuhan pengguna internet yang sangat tinggi di Indonesia. Mengacu kepada riset MarkPlus Insight, pada akhir 2011 angka pertumbuhan pengguna internat mencapai lebih dari 32% per tahun. Saat ini diperkirakan terdapat tidak kurang dari 55 juta pengguna internet, yang mengakses baik melalui jaringan 3G maupun fixed broadband.
Besarnya jumlah pengguna tersebut ditambah semakin membaiknya perekonomian Indonesia akan menjadi pasar yang sangat potensial bagi pengembangan e-commerce di Indonesia. Menurut riset yang dilakukan oleh Frost & Sullivan nilai total transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2011 diperkirakan mencapai USD 1 miliar.
“Hal tersebut menunjukan potensi pasar e-commerce di Indonesia yang sangat besar tetapi belum dikelola secara optimal sehingga kerjasama Telkom dan eBay ini dalam posisi yang tepat untuk menggarap potensi tersebut,” demikian Rinaldi Firmansyah.
Kemitraan Telkom dan eBay menurutnya akan sangat mendukung pemberdayaan sektor UKM di Indonesia, sekaligus menjadi solusi terhadap kendala geografis yang dihadapi pelaku UKM dalam memperluas pasarnya. Pada saat yang sama, sektor UKM juga menghadapi kendala skala produksi dan akses untuk melakukan ekspor produksinya secara langsung, sehingga banyak pelaku UKM sangat bergantung pada perantara.
Kerjasama ini memungkinkan pelaku UKM mengirim produknya ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri melalui dukungan logistik yang telah disediakan, sehingga akan meningkatkan pangsa pasar UKM secara signifikan. Diharapkan melalui kerjasama tersebut, baik penjualan lokal maupun ekspor akan meningkat drastis.
Selain itu, melalui kerjasama Telkom – eBay konsumen memperoleh keuntungan dan kemudahan, karena dapat membeli barang dari individu dan penjual dari Indonesia, serta membeli menjual barang yang di eBay melalui Plasa.com. 
Pada bagian lain Rinaldi menjelaskan, kemitraan Telkom dengan eBay merupakan bagian dari perubahan portofolio bisnis Telkom, dari semula informasi dan komunikasi menjadi TIME. Ia menjelaskan, dari tahun ke tahun kontribusi bisnis IME (information, media and edutainment) terhadap revenue perusahaan terus meningkat. Sepanjang 2011, pendapatan data, internet dan layanan teknologi informasi mencapai Rp 23,92 triliun, naik 20,80% dibanding 2010 yang baru mencapai Rp 19,80 triliun.
Pertumbuhan tersebut dikontribusikan oleh pendapatan layanan broadband sejalan dengan peningkatan pelanggan Speedy serta Flash dan BlackBerry dari Telkomsel. Melihat kecenderungan layanan data yang terus meningkat, pendapatan yang akan diperoleh dari layanan ini pada waktu mendatang diharapkan akan memberikan kontribusi berarti terhadap pertumbuhan pendapatan Telkom Group.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut, hubungi :

Agina Siti Fatimah
Operation Vice President Public Relations
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Phone : +62-22-4527455
Fax : +62-22-4521411
e-mail : corporate_comm@telkom.co.id 
website: www.telkom.co.id