TELKOM Serius Dukung UKM Melalui Fasilitas E-Commerce

Jakarta, 10 Maret 2010 – Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kini tidak perlu lagi bingung bagaimana memasarkan dagangannya. Mojopia, sebutan lain PT Metranet, salah satu anak perusahaan PT Multimedia Nusantara (Metra) yang bernaung dalam Telkom Group, telah siap menyediakan wadah bagi UKM untuk menjajakan barang dagangannya serta melakukan transaksi secara on line melalui fasilitas e-commerce pada situs www.plasa.com. Vice President Public and Marketing Communication PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) Eddy Kurnia menjelaskan bahwa sesuai dengan kompetensi dan kapasitas yang dimiliki, Telkom akan terus memberikan perhatian dan dukungan serius terhadap pengembangan UKM di Indonesia.

“Mojopia sebagai perusahaan lokal yang serius dalam mengembangkan industri e-commerce dan agregasi konten mendukung para pelaku UKM untuk dapat saling terhubung dalam pelaksanaan transaksi bisnis,” kata Eddy Kurnia. Dijelaskannya, untuk mendukung e-commerce di Indonesia Telkom mendirikan PT. Metranet pada Mei 2009. Mojopia adalah brand utama yang dimiliki oleh PT Metranet, sebagai penyedia portal e-commerce dan agregasi konten.

Menurut Eddy Kurnia tujuan utama Mojopia adalah memberikan kemampuan dan menyatukan pengguna dalam melakukan transaksi barang dan layanan secara elektronik serta membentuk suatu ekosistem e-commerce yang terpadu untuk UKM. Mojopia merupakan perusahaan yang berfokus pada penyediaan portal e-commerce dan agregasi konten dan salah satu bentuk strategi perluasan bisnis Telkom yang bertujuan memberikan dukungan bagi para pelaku bisnis Indonesia dalam mengembangkan usaha mereka. Mojopia juga diharapkan dapat mendorong semangat kewiraswastaan.

Peluang untuk menjadikan plasa.com sebagai sentra jual beli online terbesar di Indonesia sangat terbuka. Mengutip ADMA (Asia Digital Marketing Association), Eddy Kurnia menyebutkan, tahun lalu ada 128 juta pengguna telepon selular (mobile subscribers) di Indonesia. Jumlahnya akan terus meningkat, di mana awal 2010 ini diperkirakan pengguna telepon selular akan mencapai 159 juta dan sebanyak 233 juta di akhir tahun 2010. Sekedar informasi bahwa di Indonesia ada 45 juta pengguna internet ditahun 2009.

Dalam persiapannya menjadi pemain utama dan pemimpin dalam bidang e-commerce ini, Mojopia sedang mempersiapkan versi terbaru Plasa.com sebagai portal. Mojopia juga bekerja sama dengan penyedia layanan untuk penyediaan dan penyebaran konten sebagai bagian dari dukungan untuk industri kreatif Indonesia. ”Dengan solusi yang disediakan oleh Mojopia, para pelaku bisnis terutama UKM mendapatkan keuntungan dari platform yang terintegrasi, dari komunikasi sampai jasa iklan, yang dapat membuka kesempatan lebih besar dengan akses mudah dan efisien,” demikian Eddy Kurnia.

Untuk menjadi merchant yang menjajakan dagangannya di plasa.com, pelaku UKM bisa mendaftar secara online. Eddy menyebut, tahun ini plasa.com dapat melayani 1.000 penjual yang menjual lebih dari 100.000 barang. Beberapa jenis barang yang masuk daftar barang yang boleh dijual di plasa.com adalah handicraft, elektronik, produk fashion, peralatan otomotif, perlengkapan kesehatan dan kecantikan, sampai keperluan bayi.

Dikatakan Eddy Kurnia, Telkom mempersilakan para pelaku UKM yang menjadi mitra binaannya untuk memanfaatkan fasilitas e-commerce Plasa.com. Saat ini Telkom tercatat memiliki lebih dari 32,000 mitra binaan aktif yang tersebar di 33 propinsi di Indonesia. Dengan menyediakan platform untuk mempermudah proses bisnis, kehadiran fasilitas e-commerce diharapkan dapat mengembangkan perekonomian dan memfasilitasi para pelaku bisnis, khususnya UKM. Dengan semakin berkembangnya pasar konten dan e-commerce di Indonesia dan diluncurkannya solusi e-commerce plasa.com diharapkan para pelaku pasar dan pengguna dapat membentuk suatu ekosistem yang didasari oleh kepercayaan dan komitmen.

Seperti dinyatakan Eddy Kurnia, sebagai bagian dari grup perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Mojopia berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Perusahaan ini terus berusaha menghadirkan produk dan layanan yang berinovasi dan berteknologi handal, menghasilkan ekosistem pasar e-commerce yang terpercaya dan aman.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

Eddy Kurnia

Vice President Public and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Tel. 62-22-4527455
Fax. 62-22-4521411
Email: eddy_k@telkom.co.id
Website : www.telkom.co.id