Telkom Siapkan Bandwidth 200 MB untuk PPDB Online 2015

Rabu, 24 Juni 2015 23:08. SURYA.co.id | SURABAYA – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 untuk jalur kawasan, baru dibuka tanggal 1 Juli. Namun Dinas Pendidikan Surabaya mulai melakukan beberapa persiapan. Misalnya, bekerjasama dengan PT Telkom untuk mengantisipasi terjadinya server lemot ketika melakukan pendaftaran online.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, mengatakan, hal ini dilakukan untuk membantu para orangtua dan siswa yang hendak melakukan pendaftaran online untuk jalur sekolah kawasan.
”Kami bekerja sama dengan pihak telkom untuk membantu lancarnya pendaftaran PPDB Online nanti,” terangnya ketika konferensi pers terkait persiapan PPDB Online 2015, di Dindik Surabaya, Rabu (24/6).

General Manager Telkom Wilayah Jatim Suramadu, Aris Dwi Tjahjanto menerangkan, dalam pelaksanaan PPDB jalur kawasan dan reguler, pihaknya telah menyiapkan bandwidth (besarnya data) sebesar 200 MBps (Mega Byte per Second).

”Dengan kapasitas itu, 10 ribu pendaftar akan dapat mengakses laman PPDB dalam satu waktu yang bersamaan. Karena tahun lalu kita melihat traffic pendaftar yang masuk secara bersamaan paling tinggi hanya sampai 8 ribu pengguna. Nah sekarang kita perluas menjadi 10 ribu,” terang Aris.

Aris berharap, dengan kapasistas bandwidth sebesar ini tidak ada keluhan dari masyarakat terkait server lemot. ”Akses ini bisa diakses pagi hari, siang maupun malam hari,” tambahnya.
Halaman selanjutnya.

Namun Aris juga menuturkan jika terjadi kelambatan buffer ketika loading. Ia menjelaskan, hal itu bisa terjadi bukan karena servernya, melainkan karena hal yang lain.
”Bisa jadi karena provider yang digunakan user tidak memadahi. Atau kuota internet yang habis,” imbuhnya.

Selain itu, dari pihak telkom juga sudah memperluas jaringan, sehingga di Surabaya untuk jaringan internetnya sangat mudah dicari. ”Di setiap sekolah sudah dilengkapi dengan jaringan internet wifi id. Selain itu, wifi corner di Surabaya yang telah tersebar di 80 titik. Jadi nggak perlu bingung,”

Koordinator aplikasi program PPDB dari ITS Victor Hariadi menambahkan, tahun lalu nyaris tidak ada kendala terkait sistem. Karena itu, tahun ini pihaknya tinggal mengatur ulang aplikasi sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Dindik Surabaya.

“Kebetulan tidak ada perubahan yang signifikan tahun ini. Tampilan laman juga kita buat sama untuk memudahkan masyarakat,” tutur dia.

http://surabaya.tribunnews.com/2015/06/24/telkom-siapkan-bandwidth-200-mb-untuk-ppdb-online-2015?page=2