TelkomGroup Ramadhan 2015 Momen Berbagi TelkomGroup dengan 5.000 Anak Yatim dan 1.000 UMKM

ramadan_gat

Jakarta, 3 Juli 2015 – Cahaya Untukmu Menggenggam Dunia, demikian tema acara TelkomGroup Ramadhan 2015 yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) sebagai acara puncak dari rangkaian kegiatan TelkomGroup Berbagi di Balai Sidang Jakarta Convention Center (3/7). Acara ini dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga dan jajaran serta Direksi dari beberapa BUMN sebagai bentuk sinergi BUMN. Melalui tema tersebut, TelkomGroup sebagai perusahaan telekomunikasi dengan portofolio bisnis TIMES ingin memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbagi kepada masyarakat Indonesia.

Di dalam acara TelkomGroup Ramadhan 2015, diserahkan bantuan kepada 5.000 anak yatim, pemberian bantuan perangkat ICT ke sejumlah Panti Asuhan dan Pesantren Digital serta pemberian sarana bagi 1.000 UMKM untuk mampu berkompetisi di panggung global melalui kegiatan sharing bisnis dan pengembangan program Kampung UMKM Digital. Acara ini turut dimeriahkan oleh Opick, Coboy Junior dan Ustadz Riza Muhammad.

Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1436H, Telkom menghadirkan berbagai kegiatan yang ditujukan bagi seluruh masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia. Keseluruhan kegiatan tersebut dikemas dalam sebuah program “TelkomGroup SIAGA RAFI 2015”, yang dilaksanakan selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Program ini terdiri dari 3 kegiatan utama, yaitu Layanan Prima, Paket Khusus dan TelkomGroup Berbagi.

Untuk Layanan Prima, TelkomGroup menyediakan berbagai infrastruktur untuk mendukung fasilitas layanan telekomunikasi yang prima dan handal pada saat Ramadhan dan Idul Fitri 1436H. Sehingga komunikasi tetap berjalan lancar, meskipun trafik telekomunikasi pada saat itu akan mengalami peningkatan yang signifikan. TelkomGroup menyiapkan penguatan infrastruktur akses, pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung (backbone) serta pengoperasian posko-posko untuk memastikan kualitas layanan.

“Momen Ramadhan dan Idul Fitri tentunya menjadi momen bagi seluruh lapisan masyarakat untuk saling sharing dan berkomunikasi. Untuk itu, TelkomGroup berkomitmen memastikan infrastruktur telekomunikasi dan layanannya dapat beroperasi secara optimal untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik,” ujar Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga.

Alex menambahkan, untuk Paket Khusus, TelkomGroup melakukan digitalisasi untuk 60 kampung dan 7 panti asuhan/pesantren, menyediakan aplikasi Telkomsel Siaga untuk bantuan dan info mudik selama bulan Ramadhan, serta menyediakan 656 Mobile Grapari dan 73 GraPARI reguler yang buka lebih panjang dari hari biasa. Selain itu, Telkomsel selaku entitas anak usaha juga menyediakan paket khusus dengan kupon undian berhadiah 20 mobil, kuis program umroh serta program-program menarik lainnya.

Selain itu, TelkomGroup juga menyelenggarakan program TelkomGroup Berbagi, sebagai bentuk tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) perusahaan. Telkom melalui anak perusahaannya Telkomsel menyelenggarakan Mudik Bersama tgl 10 – 14 Juli 2015 dengan menggunakan bus, kereta api, kapal laut dan pesawat. Mudik Bersama dengan bus akan dilaksanakan dalam 2 (dua) kloter yakni tanggal 12 Juli 2015 dalam Program Mudik Bersama Sinergi BUMN dan tanggal 14 Juli 2015 dalam Program Mudik Bersama Telkomsel dengan jumlah armada 50 unit bus dan 150 mobile GraPARI yang melalui 7 rute. Program Mudik Bersama ini akan diikuti sebanyak 2.300 orang pemudik. Sedangkan Mudik Bersama dengan kereta api dilaksanakan dalam 2 rute perjalanan untuk 400 orang pemudik. Untuk Mudik Bersama dengan moda kapal laut diikuti sebanyak 400 orang pemudik melalui 4 rute perjalanan. Mudik Bersama menggunakan pesawat diikuti sebanyak 300 orang pemudik melalui 11 bandar udara di kota Jakarta, Medan, Batam, Lampung, Balikpapan, Makassar, Jayapura, Ambon, Sorong, Timika dan Sampit dengan 10 rute penerbangan.

TelkomGroup juga mengoperasikan POSKO TELKOMGROUP SIAGA RAFI tanggal 1 – 25 Juli 2015, di 177 lokasi Bandara – Terminal – Stasiun – Pelabuhan, 222 Posko Mudik dan 382 Posko Wisata.

Khusus untuk pemberian bantuan, TelkomGroup menyelenggarakan pasar murah dengan menyiapkan sebanyak 12.000 paket sembako serentak di 18 kota di Indonesia sebagai bagian dari sinergi BUMN membangun negeri. Disamping itu melalui Employee Volunteer Program (EVP), karyawan TelkomGroup mengumpulkan dan menyumbangkan 1.000 mushaf AlQur’an serta 1.000 mukena untuk mushalla dan masjid di lingkungan kantor TelkomGroup di seluruh Indonesia. Selain itu, Telkomsel memberikan 20 ton kurma untuk 8 masjid besar di Indonesia (Banda Aceh, Medan, Jakarta, Surabaya, Semarang, Makassar, Sorong dan Mataram). Sebagai wujud peduli kemanusiaan, TelkomGroup juga menyiapkan bantuan penyediaan 1.000 kantong darah yang akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia.

”TelkomGroup ingin agar semangat saling berbagi dan melayani selama bulan Ramadan dapat dirasakan manfaatnya oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia,” pungkas Alex J. Sinaga.