Unit Internal Audit

Kami memiliki Unit Audit Internal atau Internal Audit (IA) yang berfungsi memberikan pandangan secara independen dan objektif mengenai kondisi pengendalian internal, pengelolaan risiko, dan proses Tata Kelola Perusahaan dalam kegiatan bisnis kami. Tujuan dari

fungsi ini yaitu untuk menjadi katalisator, melalui penyampaian rekomendasi bagi Telkom dalam memperbaiki operasional usahanya.

 

Visi dan Misi Unit Audit Internal

 

Visi

Sebagai ”Smart Partner” bagi Manajemen, Unit Bisnis/Unit kerja dan entitas anak dalam rangka mencapai tujuan Perusahaan serta sebagai pendorong bagi seluruh jajaran Perusahaan dan entitas anak  agar tercipta budaya disiplin dalam melaksanakan seluruh ketentuan perundang-undangan/kebijakan/peraturan/prosedur/proses bisnis  yang berlaku.

 

Misi

1.      Menyediakan layanan dan konsultansi IA secara profesional, obyektif serta independen bagi Manajemen, Unit Bisnis/Unit kerja, entitas anak.

2.      Memberikan keyakinan (assurance) mengenai kelayakan pelaporan keuangan.

3.      Mengawal secara aktif implementasi pengendalian internal, memberikan dukungan dalam meningkatkan pelaksanaan GCG, dan mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan risiko.

 

Struktur dan Kedudukan Unit Audit Internal

 

Sebagaimana diatur dalam peraturan pasar modal yang berlaku, IA merupakan unit yang independen terhadap unit-unit kerja lain dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama. Berikut adalah bagan struktur organisasi IA Telkom. 

 

https://konten.telkom.co.id/cs/groups/cem/documents/digitalmedia/wcc013801.jpg

Tugas dan Tanggung Jawab Unit Internal Audit diatur berdasarkam Piagam Internal Audit (Internal Audit Charter) berikut ini: download