Sub Menu
Telkom GoZero%
Telkom Indonesia berkomitmen untuk membangun masa depan yang berkelanjutan melalui penerapan prinsip ESG, dengan fokus untuk menciptakan nilai jangka panjang yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui solusi dan layanan inovatif.
GoZero% adalah aksi Telkom Indonesia untuk menumbuhkan bisnis secara bertanggung jawab dengan berpedoman pada prinsip Environmental, Social, Governance (ESG). Dalam rangka mewujudkan implementasi ESG, Telkom mengadaptasi tiga pilar utama:
- Save Our Planet:Perubahan Iklim dan Manajemen Energi, Manajemen Sumber Daya.
- Empower Our People: Keberagaman, kesetaraan, dan inklusi, kesehatan dan keselamatan karyawan, pengalaman pelanggan, inklusivitas digital dan pelibatan komunitas.
- Elevate Our Business: Kepatuhan regulasi, praktik bisnis beretika, keamanan siber dan pelindungan data.
Target ESG TelkomGroup
Telkom percaya bahwa integrasi prinsip-prinsip ESG dalam operasi bisnis sehari-hari adalah kunci untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham, karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Telkom terus berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan visi untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya unggul dalam kinerja bisnis tetapi juga berkontribusi pada perbaikan sosial dan lingkungan.

Telkom telah menetapkan tata kelola keberlanjutan Perusahaan yang dicantumkan pada Peraturan Perusahaan Nomor: PD.704.00/r.00/HK290/DSC-M0200000/2025 tentang Tata Kelola Sustainability Telkom Group. Melalui peraturan tersebut Telkom telah membentuk Komite Sustainability yang diketuai oleh Direktur Utama dan beranggotakan direktur yang membidangi risk, network dan IT, dan human capital, serta didukung oleh kelompok kerja ESG yang terdiri dari Kepala Unit Kerja terkait.
Komite Sustainability merupakan komite yang bertugas dalam penyelenggaraan aktivitas/mekanisme pengelolaan ESG yang menghimpun seluruh fungsi ESG untuk memudahkan proses koordinasi dan kolaborasi dalam pencapaian tujuan ESG.
Komite Sustainability memiliki tugas dan tanggung jawab atas efektivitas implementasi pengelolaan ESG di lingkungan Telkom Group sehingga seluruh aktivitas/mekanisme pengelolaan ESG dapat terlaksana dengan baik melalui aktivitas, antara lain:
- Mengawasi, menetapkan, dan memberikan arahan terkait sasaran, rencana, strategi, peta jalan, kebijakan, inisiatif, dan ukuran kinerja ESG termasuk Perubahan Iklim;
- Memastikan bahwa Perusahaan telah menjalankan program keberlanjutan pada sektor ESG;
- Melakukan monitoring pelaksanaan mitigasi risiko dan peluang dari aktivitas operasional Perusahaan terhadap ESG;
- Melakukan pengawasan pencapaian kinerja ESG termasuk Perubahan Iklim berdasarkan penilaian pihak ketiga, Lembaga Pemeringkat ESG, kepentingan investor, dan/atau pemangku kepentingan lainnya; dan
- Memastikan publikasi Laporan Keberlanjutan termasuk Perubahan Iklim sesuai ketentuan yang berlaku, memenuhi kebutuhan para pemegang saham serta pemangku kepentingan lainnya.
Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Komite Sustainability berkoordinasi dengan komite lain di bawah Dewan Komisaris dan Direksi, yang meliputi Komite pengelola tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), Komite pengelola risiko, kepatuhan dan revenue assurance, Komite pengelola audit, dan Komite pengelola nominasi dan remunerasi.

Telkom melaksanakan peninjauan kembali topik - topik material untuk menilai relevansi serta kesesuaiannya terhadap ekspektasi pemangku kepentingan. Proses ini difasilitasi oleh konsultan independen dengan menggunakan standar GRI 2021 sebagai acuan utama.

Penghargaan ESG
Berikut adalah berbagai penghargaan yang diraih Telkom untuk upaya menjaga kelestarian lingkungan serta tata kelola terbaik.
